Tips Membuat Lantai Kayu yang Kusam Jadi Kinclong

Tips Membuat Lantai Kayu yang Kusam Jadi Kinclong

Untuk menghadirkan suasana natural dan hangat, pemilihan material kayu untuk lantai adalah opsi yang tepat. Selain kuat dan awet, daya tarik lantai kayu terletak pada tampilannya. Kayu memiliki warna dan serat alami yang membuatnya tampak estetik.

Namun seiring bertambahnya usia pemakaian, lantai kayu jadi usang dan warnanya memudar. Hal ini membuat tampilannya jadi kurang menawan. Selain faktor usia pemakaian, hal ini juga bisa diakibatkan perawatan yang kurang sesuai.

Jika saat ini Anda ingin membuat lantai kayu lebih cantik dan menawan, yuk cari tahu tips membuat lantai kayu yang kusam jadi lebih kinclong.

Ad banner besar flooring jati

Lantai Kayu Jati

Ingin pengalaman berjalan di istana megah tiap melangkah di rumah? Flooring kayu jati siap memberi kesan tak terlupakan itu!

  • Jati perhutani terbaik
  • Nilai estetika premium
  • Harga kompetitif, nilai lebih
  • Detil serat artistik nan elok

Bahan dan Alat untuk Memoles Lantai Kayu yang Kusam

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat lantai kayu yang kusam jadi kembali kinclong sangatlah mudah didapat dan ada di sekitar kita. Tidak perlu keluar uang banyak, cukup gunakan alat dan bahan yang ada di rumah.

Bahan:

  • Minyak zaitun 90 ml
  • Jus lemon 60 ml
  • Air Panas 2 liter

Alat:

  • Kain pel
  • Ember atau baskom

Cara pengerjaannya cukup sederhana, bahkan Anda yang minim pengalaman merawat lantai kayu pun bisa melakukannya. Pertama, campurkan air panas dengan perasan lemon. Campuran ini bermanfaat sebagai antiseptik alami, karena bau lemon dapat mengusir serangga seperti kecoa dan semut.

Langkah berikutnya, tuangkan minyak zaitun ke dalam campuran air dan lemon. Fungsi minyak zaitun ialah untuk membuat lantai kayu yang kusam jadi kinclong kembali.

Campuran bahan di atas bisa Anda gunakan untuk pel lantai kayu. Gunakan kain yang lembut agar lantai kayu tidak mudah tergores. Selain itu, jangan lupa vacuum atau sapu terlebih dahulu lantai kayu sebelum dipel.

Cara di atas bisa diaplikasikan untuk semua jenis kayu, baik itu kayu merbau, kayu ulin, kayu jati, kayu bengkirai, dan jenis kayu keras lainnya. Mudah bukan?

Merawat Lantai Kayu Agar Tidak Mudah Kusam

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menjaga tampilan trap tangga kayu atau lantai kayu di rumah dengan melakukan coating ulang. Langkah ini bertujuan agar kayu mendapatkan pembaruan warna sehingga tampilannya lebih menawan.

Namun sebaiknya lakukan perawatan secara rutin agar lantai kayu di rumah tidah mudah kusam. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Melakukan coating ulang untuk flooring dan decking kayu outdoor akan cukup merogoh kocek dalam, jadi sebaiknya pertahankan warna dan kilauannya dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Jangan mendorong perabot jika Anda hendak memindahkannya. Sebaiknya perabot diangkat saja agar terhindar dari gesekan yang bisa merusak lantai.
  • Jangan gunakan sepatu hak tinggi jika sedang berjalan di atas lantai kayu.
  • Usahakan selalu memotong kuku hewan peliharaan. Tujuannya agar kuku hewan tidak menggores lantai.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung. Saat matahari sedang terik-teriknya, tutup ruangan dengan gorden agar sinar matahari berlebih tidak masuk ke ruangan.
  • Jaga kelembapan ruangan dengan menggunakan alat dehumidifier.
  • Bersihkan/pel lantai secara rutin menggunakan cara di atas. Lakukan setidaknya satu minggu sekali untuk menjaga warna serta kilauannya.

Merawat parket kayu jati maupun jenis kayu lainnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selama dirawat dengan benar dan rajin dibersihkan, lantai kayu tidak memerlukan penanganan khusus atau perbaikan yang akan merogoh kocek.

Sebaliknya, jika rajin dibersihkan dan dirawat, lantai kayu bisa tetap tampil prima bahkan setelah digunakan puluhan tahun lamanya. Beberapa jenis kayu keras bisa bertahan hingga puluhan bahkan ratusan tahun. Tentu saja, hal itu perlu didukung oleh perawatan yang memadai agar memperpanjang usia pakainya.

Publikasi / di

Artikel Terkait

Membandingkan Kayu Meranti dan Kayu Kamper

Publikasi

Begini Cara Membersihkan Plafon Kayu yang Benar

Publikasi

Trap Tangga Merbau Jadikan Rumah Lebih Elegan

Publikasi

Trap Tangga Merbau, Alternatif Pengganti Papan Tangga Jati

Publikasi
×
logo di menu
×
-

Subtotal

0 batang

0 m3