jual kayu bengkirai kalimantan 03

Ciri-ciri Kayu Bengkirai dan Kelebihannya

Kayu Bengkirai yang dalam bahasa inggris disebut Yellow Balau adalah salah satu jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan furniture dan konstruksi rumah. Kayu ini memiliki serat yang kuat dan mudah diolah, sehingga menjadi pilihan favorit bagi para pengrajin kayu dan pengusaha mebel. Bengkirai tumbuh subur di hutan-hutan Indonesia, Malaysia, dan Filipina, khususnya di Pulau Kalimantan.

Berikut adalah 7 ciri-ciri kayu bengkirai dan kelebihannya yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk bahan furniture:

1. Awet dan tahan lama

Kayu bengkirai memiliki tingkat kekuatan kelas I dan II, hampir sama dengan kayu jati. Kekuatan dan durabilitas yang tinggi membuat kayu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan eksterior rumah dan konstruksi berat.

Ad banner besar kayu bengkirai

Kayu Bengkirai

Maksimalkan Proyek Konstruksi Anda dengan Bahan Berkualitas Premium.

  • Kuat, awet, anti rayap.
  • Dijamin super, bebas cacat dan retak.
  • Harga kompetitif, garansi uang kembali.

Kayu bengkirai ini aman dari serangan hama atau rayap karena kekerasannya. Jika kayu ini berada di luar rumah dengan terik matahari yang panas, kayu keras bengkirai ini bisa tetap bertahan. Bahkan pada musim penghujan pun bengkirai akan tetap kokoh.

2. Harganya ekonomis

Meskipun memiliki ketahanan dan tampilan yang baik, harga kayu bengkirai dijual sangat ekonomis di pasaran. Harga mulai dari Rp350.000 per batang dengan ukuran 6cm x 12cm x 400cm. Kayu bengkirai sangat cocok digunakan sebagai material perabotan khusus outdoor atau material eksterior hunian.

kayu bengkirai balok 6x12x400
Balok Kayu bengkirai 6x12x400

3. Pengolahannya mudah

Meskipun bengkirai lebih berat daripada kayu jati, namun jenis kayu ini mudah diolah menjadi berbagai macam furniture. Dari meja hingga kursi, para pengrajin kayu dapat mengukir, menyerut, dan memotong kayu ini dengan mudah.

Dari berbagai pengrajin mebel, kayu kalimantan ini banyak diolah untuk kebutuhan konstruksi rangka atap, kusen, pintu, pagar dan decking. Karena dalam hal pengeringan sebelum diolah, kayu ini cukup dikeringkan melalui sinar matahari dan tidak harus di oven. Kecuali untuk produksi decking bengkirai harus dioven terlebih dahulu.

4. Nilai estetika yang tinggi

Bengkirai memiliki warna kuning kecoklatan yang memberikan kesan natural dan kasual. Kayu ini sangat cocok digunakan dalam berbagai konsep dan gaya hunian, dan memberikan nilai estetika yang tinggi. Jika ditempa dengan warna cat, kayu bengkirai akan semakin cantik.

tekstur serat kayu bengkirai setelah dihaluskan dan finishing
Tekstur Kayu bengkirai setelah olah dan dihaluskan

6. Tekstur serat yang indah

Kayu bengkirai sering digunakan sebagai material perabot interior, karena memiliki serat yang sangat indah dan warna asli yang mewah, natural, dan elegan. Hal ini membuat kayu kalimantan bengkirai tidak perlu dilapisi dengan warna lain.

Ad banner kecil kayu bengkirai

Kayu Bengkirai

Sedia berbagai jenis ukuan. Plat, balok, papan, usuk dan reng.

7. Kayu bengkirai Minim lengkungan

Memiliki daya lengkung yang minim, disebabkan oleh tingkat keras yang dimilikinya. Hal ini membuat kayu ini tahan terhadap air dan selalu mempertahankan posisinya.

Dengan kelebihan dan ciri-ciri yang dimilikinya, kayu Bengkirai menjadi pilihan tepat sebagai bahan pembuatan furniture. Jangan ragu untuk mempertimbangkan jenis kayu ini dalam memilih bahan furniture Anda.

Artikel Terkait

6 Hal Penyebab Lantai Kayu Melengkung

Publikasi

4 Tips Merawat Decking Ulin Agar Lebih Awet

Publikasi

5 Tips Memilih Parket Jati Terbaik

Publikasi

Menghadirkan Keindahan Alami dengan Lantai Kayu Jati

Publikasi

Mengenal Kayu Tumi, Ciri-ciri dan Pemanfaatannya

Publikasi
×
logo di menu
×
-

Subtotal

0 batang

0 m3